Selasa, Februari 26, 2019

Memperbaiki Printer dengan Hasil Cetak yang Tidak Rata

Selamat bertemu kembali dengan saya, sudah cukup lama saya tidak menulis, semuanya itu dikarenakan kurangnya "mood" saya.
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana mengatasi printer yang hasil cetaknya tidak rata, terutama ketika mencetak Tabel.
Printer yang saya gunakan adalah Canon MP 287.
Awalnya saya mencoba untuk memperbaiki melalui Menu Maintenance, lalu masuk ke bagian Print Head Alignment, setelah dicoba berkali-kali tetap tidak mendapatkan hasil, malah tidak ada perubahan sama sekali.
Lalu saya coba juga melakukan maintenance Scanner Alignment, sesuai dengan Manual Book alias Buku Petunjuk printer saya yang saya cari-cari sulit ditemukan.
Tetap saja hasilnya tidak sempurna.
Hampir putus asa, saya sudah berniat untuk membawanya ke tempat Service khusus printer.
Tapi saya coba sekali lagi dengan cara membersihkan bagian dalam printer (compartment head nya), saya melihat ada sebuah pita yang terbuat dari mika, terlihat kotor karena terkena percikan tinta (apalagi saya menggunakan tinta model infus, ketika saya mengganti atau membersihkan cartridge selalu terpercik tinta).
Saya coba bersihkan menggunakan tissue yang dibasahi dengan alkohol 70%, saya bersihkan secara 1 arah, sampai kelihatan bersih.
Selanjutnya saya coba untuk memulai mencetak, dan.... Alhamdulillah..hasil cetaknya sempurna.
Gak jadi deh untuk mengeluarkan biaya service, ternyata cukup sederhana cara memperbaikinya.
Di bawah ini saya tampilkan gambar dari Sensor Encoder pada setiap printer :

Demikian share saya kali ini...semoga bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami hal yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...