Jumat, Juli 17, 2009

Prosedur Merakit PC

Di tulisan ini saya mencoba share bagaimana sih prosedurnya untuk merakit sebuah PC sehingga siap dipakai?????? Silahkan anda ikuti langkah-langkahnya, jika menemui kesulitan, silahkan hubungi saya lewat email yaa (hasmi_s@yahoo.com) ... saya akan senang hati untuk menanggapinya. Atau jika anda ingin belajar langsung kepada saya... itu juga akan saya tanggapi koq....ini semua sekedar sharing ilmu utk teman2 pembaca sekalian.

Prosedur Merakit Komputer berikut install Sistem Operasi dan Software.

1. Siapkan perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software), diantaranya :

Hardware :

1.1. Mainboard atau Motherboard, VGA Card, Sound Card, Network Card (biasanya sudah On Board)

1.2. Prosesor

1.3. Memory / RAM (Random Access Memory)

1.4. HardDisk

1.5. CD ROM atau DVD ROM Drive

1.6. PSU (Power Supply Unit)

1.7. Casing

1.8. Keyboard + Mouse

1.9. Monitor tabung atau LCD

1.11. Buku Manual Motherboard

Software :

2.1. Sistem Operasi misal : Microsoft Windows XP SP3

2.2. Microsoft Office

2.3. Software Aplikasi lain.

2. Siapkan motherboard anda dengan memasang Prosesor pada socketnya, kemudian pasang juga memory atau RAM pada slot nya.

3. Lakukan pengujian terhadap power supply apakah berjalan normal, caranya adalah dengan menyambungkan kabel berwarna hitam dengan hijau, kumpulan kabel ini terdapat pada soket yang nantinya akan disambungkan ke motherboard, untuk menyambungkan kabel ini anda dapat menggunakan kawat kecil, lihat fan pendingin power supply apakah berputar normal, jika tidak itu artinya power supply anda bermasalah.

4. Sambungkan motherboard ke power supply, ambil kabel power supply yang memiliki colokan yang bentuknya seperti deretan kotak, biasanya berjumlah 24 pin, buka buku manual motherboard anda untuk mencari pin power,

5. Sambungkan ke monitor serta keyboard (mouse belum perlu disambung),

6. Lakukan test apakah motherboard sudah berfungsi dengan baik dengan menyalakan nya melalui pin jumper yang terdapat di motherboard, anda bisa mencari dimana letak pin tersebut dengan berpedoman pada buku manual motherboard.

7. Sambungkan pin yang bertanda power button dengan menggunakan obeng minus kecil, lalu perhatikan apakah fan pendingin prosesor anda berputar normal, dan lihat pula di monitor anda apakah motherboard anda dapat melakukan POST (Power On Self Test) dengan ditandai tampilan utamanya berupa informasi dari VGA kemudian info BIOS (Basic Input Output System), penghitungan memory (perhatikan apakah sudah sesuai dengan kapasitas memory fisik yang anda miliki, jika ternyata berkurang berarti ada masalah di memory / RAM anda), bagian akhir dari tampilan adalah berupa kotak informasi perangkat yang dimiliki oleh motherboard anda seperti, jenis prosesor, juga peralatan tambahan lainnya)

Setelah semua berjalan normal, selanjutnya buka casing anda.

8. Pasang Power Supply ke casing,

9. Pasang motherboard ke tempatnya di casing, kunci baut-bautnya,

10. Pasang kabel-kabel penghubung ke Front Panel diantaranya, kabel power, reset, LED indikator Hard Disk, LED power, lihat buku manual anda.

11. Pasang kabel interface untuk Hard Disk dan CD ROM atau DVD ROM anda, pasang juga kabel Floppy Disk (jika anda masih menggunakannya), untuk interface Hard Disk anda harus perhatikan apakah menggunakan kabel PATA (Paralel ATA/Advanced Technology Attachment) kabelnya lebar 80 pin atau SATA (Serial ATA) kabelnya lebih tipis 7 pin,

12. Jika anda menggunakan VGA card add on, silahkan pasangkan ke slot AGP atau PCI Express yang ada di motherboard anda

13. Sambungkan peralatan mouse ke port serial (bentuknya bulat warna hijau), keyboard (bentuk bulat warna ungu), monitor ke port VGA,

14. Hidupkan komputer dengan menekan tombol power

15. Lakukan prosedur setting BIOS SETUP dengan cara :

Ketika komputer ON, langsung tekan tombol DEL (DELETE) pada keyboard (INGAT!! Jangan terlambat menekan tombol DEL nya, jika anda terlambat maka setup BIOS nya tidak akan muncul).

16. Cari bagian Advance BIOS Setup, aturlah Boot Sequencenya dengan urutan CDROM yang no satu,

17. Masukkan CD Windows XP SP3 Setup Installer ke drive CD ROM anda,

18. Keluar dari SETUP BIOS, tekan tombol F10 (atau tombol lain yang sesuai dengan motherboard anda), komputer restart

19. Perhatikan di layar monitor anda, jika semua berjalan normal (CD dalam keadaan baik), maka akan muncul teks : Press Any Key to continue….

Tekan tombol apa saja.

20. Berikutnya anda bisa mengikuti langkah-langkah install Sistem Operasi Microsoft Windows satu demi satu sampai selesai. Anda akan diminta untuk me-restart komputer beberapa kali.

21. Setelah Sistem Operasi Microsoft Windows selesai di-install, prosedur selanjutnya adalah, anda harus meng-install driver-driver dari motherboard anda, misalnya untuk driver sound card, network card, modem yang telah terpasang di motherboard (Onboard).

22. Langkah selanjutnya adalah meng-install software-software aplikasi diantaranya Microsoft Office, Adobe Photoshop, Mozilla Firefox, untuk itu anda harus mempersiapkan CD-CD setup dari masing-masing Software.

Selesai sudah proses perakitan komputer anda dari awal sampai komputer dapat digunakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...