Kamis, Maret 24, 2011

Install Windows XP dari Flashdisk

Anda punya Netbook yang notabene tidak memiliki Drive CD ROM internal, suatu ketika anda ingin meng-install ulang Sistem Operasi Windows nya dengan alasan terkena virus atau sudah sering error, untuk meng-installnya cukup membuat anda repot dikarenakan Netbook anda tidak ada CD Drive internalnya.


Anda bisa membeli CD Drive External untuk meng-installnya, atau menggunakan CD Drive biasa yang dipasangi kabel konverter IDE to USB. Sebenarnya ada cara yang lebih praktis, yaitu memindahkan Setup Installer Windows XP anda dari piringan CD ke USB Flashdisk, namun cara nya tidak bisa secara langsung isi CD Setup nya langsung di-copy - paste ke Flashdisk, tidak akan sukses, karena Netbook anda tidak bisa melakukan proses booting.


Anda bisa membuat Flashdisk anda menjadi seperti CD Install Windows XP, artinya anda tidak membutuhkan CD ROM Drive External lagi. Yang penting anda memiliki :




  • Flashdisk dengan kapasitas minimal 1 GB

  • Komputer atau Laptop yang ada CD ROM Drive nya, pastikan komputer anda ini bebas dari Virus

  • CD Installer Windows XP, sebaiknya yang belum dimodifikasi

  • Punya Software nya, yaitu : WinSetupFromUSB.

  • Siap untuk menerima tantangan dan tidak takut gagal...hehehe...


Lalu bagaimana caranya ???


Saya akan mencoba memberikan tutorial untuk ini, silahkan mengikuti langkah-langkahnya :


1. Install dulu software WinSetupFromUSB, jika belum punya boleh download WinSetupFromUSB dari sini,


2. Siapkan sebuah folder baru yang nantinya akan diisi dengan file-file Installer Windows XP anda, contohnya anda buat folder dengan nama WinXP


3. Copy kan semua isi CD Installer Windows XP anda ke folder ini, sehingga terlihat isi foldernya seperti gambar berikut :


4. Pastikan Flashdisk anda sudah terpasang di komputer anda, lalu jalankan softwar WinSetFromUSB yang tadi sudah di-install di komputer anda. Terlihat keberadaan Flashdisk anda di sini :



5. Klik tombol Browse, silahkan masukkan folder dimana anda menempatkan file-file Installer Windows XP anda tadi (D:\WinXP), lihat gambar :



6. Format Flashdisk anda menggunakan software ini, Klik tombol RMPrepUSB :


Pastikan pengaturan nya seperti terlihat pada gambar di atas.


7. Klik tombol Prepare Drive,


8. Selesai proses Format, klik tombol Exit, terbuka halaman awal dari WinSetupFromUSB ini :


9. Klik tombol GO, akan dilaksanakan proses peng-copy-an file-file installer Windows XP dari folder d:\winxp ke Flashdisk anda, selesai proses copy, akan muncul kotak License Agreement, klik tombol Agree.


10. Selanjutnya muncul kotak pesan seperti ini :


Klik tombol OK, lalu klik Exit untuk keluar dari WinSetupFromUSB


Prosedur membuat Installer dengan Flashdisk selesai.


Selanjutnya silahkan gunakan Flasdisk anda ini untuk meng-install ulang Netbook anda. Flasdisk anda ini juga masih tetap bisa dipakai untuk menyimpan data, dengan catatan masih ada ruang kosong yang tersisa, dan yang terpenting, jangan sampai terkena virus, bisa berabe kan.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...