Sabtu, Oktober 06, 2012

USB 3.0


USB atau Universal Serial Bus merupakan sebuah penemuan di dunia komputer yang termasuk terbaik, sebab dengan adanya port (koneksi penyambungan antara komputer dengan peralatan tambahan) jenis ini, menjadikan pemindahan data menjadi lebih cepat dari pada yang sebelumnya menggunakan port serial maupun paralel.
Dengan USB kita dapat menyambungkan lebih banyak peripheral (peralatan tambahan) ke komputer kita. Port USB juga dapat diperbanyak dengan menggunakan USB HUB (lihat gambar)
Sehingga tidak ada lagi keterbatasan untuk menambah perangkat peripheral pada komputer anda. Dengan adanya port interface inilah yang memunculkan media penyimpan seperti USB Flashdisk sampai ke Hard Disk Eksternal.
Termasuk peralatan tambahan lain seperti USB Scanner, TV Tuner, Sound Card, Speaker serta banyak lagi perangkat lain sebagi alat bantu aktivitas kerja kita.

Ulasan saya kali ini adalah tentang Port Universal Serial Bus (USB) Versi 3.0. Port ini merupakan lanjutan dari port USB 2.0 yang selama ini sudah umum kita pakai.
Peningkatannya ada pada kecepatan data transfer nya, sehingga jika kita menggunakan port USB 3.0, diharapkan kecepatan data yang anda copy antar PC ke perangkat Flashdisk menjadi lebih cepat.

Pada saat pertama kali keluar versi USB nya adalah 1.0, hanya memiliki bandwidth sebesar 1,5 MBPS (Mega Byte Per Second) hingga 12 MBPS. Kemudian ada peningkatan pada USB versi 2.0 dengan kecepatan hingga 480 MBps.
Pada 17 Nopember 2008, USB Implementers Forum mengumumkan penerus dari USB 2.0, yaitu USB 3.0, kemudian diluncurkan pada Januari 2010.
Kecepatan nya meningkat secara signifikanyaitu dengan bandwith sebesar 5 Gbps, peningkatan 10 x lebih ini akan memberikan kenyamanan bagi kita ketika akan mentransfer data yang sangat besar, misalnya data Video. Efeknya....?? Anda tidak harus menunggu lama ketika ingin meng-copy data dari komputer ke Flashdisk anda, tapi ada syaratnya.... Flashdisk anda pun harus diganti dengan Flashdisk yang sudah mendukung versi 3.0 yang saat ini masih lebih mahal harganya dibanding versi 2.0.
Port USB 3.0, sudah banyak diterapkan pada komputer-komputer atau laptop terbaru dewasa ini. Biasanya port USB 3.0 berwarna biru pada laptop. (lihat gambar)
Jika anda mencolokkan Flashdisk anda yang masih versi 3.0 ke port USB 3.0, kemungkinan komputer anda tidak dapat mendeteksinya, kecuali Mouse.Jadi jangan sampai anda kaget karena merasa port USB anda tidak berfungsi.Meskipun colokannya sama, namun tidak berfungsi jika versinya berbeda.
Berikut ini beberapa merk Hard Disk Eksternal yang sudah memanfaatkanUSB 3.0 ini :
Transcend Storejet 25M3 500 GB
ADATA Nobility NH01 500 GB
PQI H566 500GB
Buffalo Ministation Lite 640 GB






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...