Minggu, Desember 07, 2014

Cara Root Oppo Smartphone



Oppo Smartphone merupakan Telepon Seluler yang saat ini sudah cukup terkenal, sudah mulai menjadi telepon sejuta ummat kayaknya yaaa....hehehe....
Dewasa ini Smartphone Android sudah memiliki memory internal (RAM / Random Access Memory) yang lumayan besar, rata-rata sudah memasang RAM sebesar 1 GB ke atas, bahkan sudah ada yang 2 GB. 
Memory Internal RAM ini berfungsi sebagai penyimpan aplikasi yang anda pasang di Smartphone Android. Ukuran 1GB sudah lebih dari cukup untuk memasang aplikasi-aplikasi kesayangan anda.
Namun terkadang ukuran sebesar itu masih dirasa kurang, seperti yang saya alami, ternyata memory RAM saya koq udah kepenuhan, padahal masih ada aplikasi yang harus diinstall.
Saya mencoba memasang aplikasi pembebas memory internal (Phone Memory) seperti Link2SD (kalau belum punya apps nya silahkan klik disini untuk download Link2SD Plus), namun tak semua aplikasi bisa dipindahkan, penyebabnya adalah Oppo ini harus di Root (Root adalah merubah hak akses user dari user biasa menjadi Super User yang memiliki akses lebih luas ke dalam pengoperasian Sistem Operasi Android).
Untuk melakukan proses Root ini harus melalui prosedur, karena pada dasarnya anda tidak diijinkan untuk mengubah privilege anda dari User biasa menjadi SUper User, alasannya adalah karena dikhawatirkan Android anda menjadi rentan terhadap gangguan yang mengakibatkan menjadi bermasalah seperti suka Hang, Reset sendiri atau malah macet total.
Nah...ditulisan saya kali ini, saya mencoba berbagi pengetahuan bagaimana cara nya me-Root Smartphone Android Oppo (saya menggunakan Oppo Find Clover namun ) dengan cara yang cukup mudah.
Ikuti langkah-langkahnya :
1. Download Aplikasi Framaroot dari sini , lalu Extract menggunakan Winrar di komputer anda (kalau belum punya Download Winrar dari sini),
2. Copy kan file Framaroot 1.9.1. apk yang telah anda download tadi ke memory card Smartphone anda, lalu jalankan aplikasi nya, lihat gambar :
3. Pilih SuperSU, lalu Tap Boromir, muncul pesan Success, jika belum muncul pesan Succsess, ulangi dengan menjalankan Framaroot lagi.
4. Restart Smartphone anda
5. Smartphone anda sudah di Root.
Lalu jalankan aplikasi Link2SD, proses selanjutnya pindahkan Aplikasi-aplikasi anda ke Memory Card menggunakan Link2SD.
Jangan lupa jika semua proses pemindahan selesai, kembalilah ke Unroot.
Caranya melalui aplikasi Framaroot juga, nanti pilih Unroot, lalu Reboot/Restart Smartphone anda.

Untuk memeriksa apakah Smartphone anda dalam keadaan Root atau Unroot, anda bisa menggunakan Aplikasi Terminal Emulator, silahkan install melalu Play Store anda, cari aplikasi Terminal Emulator. Setelah di-install, jalankan TErminal Emulator anda, lalu perhatikan pada Text Command, Prompt anda harus bertanda simbol $, jika tandanya adalah #, itu berarti Smartphone dalam keadaan Root.

Semoga berhasil dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...