Kamis, Oktober 01, 2009

Libur Lebaran

Lebaran kali ini (1430 H/2009 M), saya bener2 mendapat pengalaman pertama mudik bareng2, macet2an, wah.... pokoknya bener2 pengalaman baru buat saya. Saya sengaja berangkat 1 hari sebelum lebaran yaitu hari Sabtu (19 Sept. 2009), kirain dah g macet, krn tgl 1 hr lg lebaran, g tau nya.... Huh... awalnya dr jkt jam 5 pagi, saya ngebut di tol cikampek, smp pintu keluar, cuma 1 jam, jadi jam 6 dah keluar tol, sepi dijalan, sampe simpang Jomin yg terkenal macet, ternyata setelah 2 km lwt belokan simpang jomin, macet nya ampun2 deh. Jarak 2 km, ditempuh dlm waktu 4 jam. Huh... gila2 an kan, semacet2 nya Jakarta, ga ada lawan lah dibanding dgn di Jomin. Keluar dari Jomin, agak lega krn mobil bisa melaju kencang, tp g lama tuh, episode macet berikut nya deh, smp2 saya g sabar, jd ikut2an lewat bahu jalan, yg jln nya g ada nyaman2 nya, bener2 kayak jalanan offroad, syukur nya g ada masalah dgn kendaraan kami. Smp di pamanukan, saya dah capek bgt, driver mesti ganti nih, akhirnya My Son Uya yg jd driver, dijalanan ramai, sampe di semarang jam 10 malam, 17 jam perjalanan yg normalnya 9-10 jam.
Bener2 capek.... bener2 gila2an....tapi nikmat rasanya....... Kami yang naik mobil pribadi aja kyk gitu capek nya, apalagi yg naik motor yaa.... wah.... ga kebayang deh....
Di sepanjang jalan, melihat para pemudik yg naik motor, waaah... bner2 salut deh buat mereka. TOP Banget tuh para bikers, menempuh ratusan km pakai motor, berboncengan lebih dari 2 org, bawa barang sampe tuh motor disambung pake kayu buat meletakkan tas dan baranglain, kebayang kan gmn pegal nya tuh badan.
Saya bersyukur masih di kasih Tuhan bisa mudik naik mobil.
Ada 1 cerita yg bikin miris, ketika saya ke Solo, trus mampir makan nasi liwet khas Solo di lesehan, ibu penjual bercerita kepada kami, kl kemarin ada pemudik yg naik motor rombongan mengalami kejadian tragis. Balita yg dibonceng di salah satu motor ternyata udah meninggal tanpa disadari oleh ibu nya. Kemungkinan si balita terlalu kedinginan saat di jalan, krn meski pakai jaket, tp tangan kaki dan wajahnya ga tertutup. sang ibu bilang baru kira2 bbrp jam sblm nya masih nangis.
Tragis banget yaa.. anak pertama pgn dibanggain ke eyang nya di kampung, ternyata dah jadi mayat. Naudzubillahi min dzaliq.......

3 komentar:

  1. jangan sekalipun terlintas dipikiran untuk sok2an jadi bikers ya pak...inget faktor U mendukung kekekek

    BalasHapus
  2. Inget cerita anak balita meninggal dalam pelukan ibunya saat mudik tahun ini sungguh tragis. Kisah serupa lebih tragis dan mengharu biru justru dialami oleh penjual pecel warung kantorku.
    Kejadian sudah 6 tahun silam atau tepatnya 6 lebaran lalu. Mas Joko pemilik warung pecel kantorku mudik membawa anak semata wayangnya berikut istrinya naik sepeda motor. Sang anak dijepit di antara bapak dan ibunya.
    Perjalanan Jakarta Jatibarang berjalan lancar di siang hari bolong. Dalam pemberhentian di pos bensin Jatibarang sang bapak berhenti dan menyuruh si isteri turun agar motor bisa segera diisi bensin lagi.
    Tapi apa yang terjadi? Si ibu berteriak histeris melihat anak dalam dekapannya sudah raib...entah karena jatuh atau karena apa? sebab dalam perjalanan itu sang ibu juga dalam kondisi ngantuk berat diboncengan suaminya.Kontan di pos bensin ini jadi geger. Sang Bapak si Mas Joko linglung dan hampir pingsan sementara isterinya meraung-raung memanggil anaknya yang telah raib dari dekapannya. Dengan dibantu masyarakat sekitar sang anak dicari ke udik arah Patrol barangkali terjatuh dijalan dan diselamatkan di pos polisi terdekat. Polisi pun segera bertindak sigap melacak jatuhnya si anak yang raib ini. Ternyata usaha polisi dan orang yang mencari sia-sia. Sang anak dinyatakan tidak ada. Kalau jatuh lalu tewas tentu ada bekasnya di jalanan yang dilewati. Akhirnya sang bapak dan ibu menyerah pada takdir. Mereka mengikhlaskan sang anak raib. Segala rumah sakit dan kamar jenazah di sepanjang perjalanan Cikampek - Jatibarang dilacak tetapi nihil, pengumuman lewat radio swasta disebarkan tetap nihil.Akhirnya pasrah total. Biarlah Tuhan yang maha tahu keberadaan anak ini. Sebab di Cikampek hingga Patrol anak masih ada dalam dekapannya.

    BalasHapus
  3. Semoga liburan ke Dataran Tinggi Dieng berkesan. Oh ya kemaren melihat Sumur Jolotunda tidak? Kalau Kawah Sileri memang jauh letaknya. Terpencil dari kawasan Candi Pendowo Limo tetapi alam sekitarnya sungguh menakjubkan.

    BalasHapus

Mohon beri komentar yaa...