Selasa, April 02, 2024

Nama anak-anak Rasulullah Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam


Tulisan ini sengaja saya kutip dari artikel di media online detik.com, saya ingin menjadikan sebagai catatan memorable pribadi. Semoga bermanfaat buat para pembaca yang terhormat. 

1. Al Qasim

Al Qasim adalah nama anak Rasulullah yang pertama lahir sebelum masa nubuwah. Namun hidup anak pertama Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam  ini tidaklah lama. Ia hanya bertahan selama beberapa hari saja.

Berkat lahirnya putra bernama Al Qasim ini, Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam  dijuluki sebagai Abu Qasim atau Abul Qasim yang artinya “Bapak Qasim”

2. Zainab

Anak Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam  yang kedua adalah Zainab binti Muhammad. Putri Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam  ini juga merupakan istri dari Abu Al Ash bin Ar Rabi. Keduanya dikaruniai putra bernama Ali dan Umamah.

Umamah adalah istri kedua dari Ali bi Abi Thalib setelah Fatimah Az Zahra meninggal pada tahun 8 Hijriah.

3. Ruqayyah

Anak Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam yang ketiga adalah Sayyidah Ruqayyah binti Muhammad. Sayyidah adalah istri dari Utsman bin Affan dan ibu dari Abdullah, anak mereka berdua.

Disebutkan juga, Ruqayyah meninggal pada saat Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam berada dalam medan perang Badar.

4. Ummu Kultsum

Anak Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam yang keempat adalah Ummu Kultsum, yang merupakan istri dari Utbah bin Abu Lahab. Namun saat itu, Utbah menceraikan Ummu Kultsum ketika keduanya belum pernah bersentuhan.

Ummu Kultsum kemudian menikah dengan Utsman bin Affan setelah istrinya, Ruqayyah, wafat. Ummu Kultsum dinyatakan meninggal dunia pada tahun 9 H.

5. Fatimah Az Zahra

Siapa yang tidak kenal dengan anak Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam yang satu ini? Fatimah Az Zahra merupakan putri kesayangan Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam. Dirinya lahir lahir lima tahun sebelum Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam menerima wahyu pertama.

Setelah menikah dengan Ali bin Abi Thalib, Fatimah Az Zahra melahirkan lima cucu untuk Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam. Mereka adalah Hasan, Husein, Zainab, Ummu Kultsum dan Muhassin.

6. Abdullah

Putra Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam dari istri Khadijah yang keenam adalah Abdulah. Ia lahir setelah ayahnya menjadi seorang rasul. Namun, Abdullah meninggal dunia saat usianya masih kecil.

7. Ibrahim

Anak Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam yang terakhir adalah Ibrahim. Ibu dari Ibrahim bukan lagi Khadijah, melainkan ia dilahirkan oleh Mariyah Al Qibthiyah.

Sayangnya, Ibrahim meninggal dunia pada usianya baru 17 atau 18 bulan.


Kita para kaum muslimin gemar memberi nama anak merekan dengan nama-nama nabi, rasul, para sahabat, atau anak dan keluarga nabi. 

Namun ada larangan untuk memberi nama anak dengan nama yang menjadi gelar kenabian atau kerasulan Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam.

Nama-nama yang dilarang misalnya, 

Muhammad Rasulullah (Uturan Allah),

Nabiyullah (Nabinya Allah),

Sayyidul Mursalin (paling bagus utusan),

Sayyidul Anbiya (paling bagusnya para nabi),

Khatamun Nabiyyin (penutup para nabi).

Memberi nama Abul Qasim juga tidak diperkenankan. Apalagi mengaku sebagai nabi. Jelas haram. Sebab, dengan mengakui atau mempercayai adanya Nabi setelah Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam, maka ia termasuk orang yang sesat dan jauh dari ajaran Allah dan Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam.

Dikutip dari halaman detik.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...