Selasa, Desember 09, 2008

Apache


Tahukah anda tentang Apache ??? Yaa... Apache adalah nama suku Indian di Amerika. Suku Apache pindah ke selatan dari utara Amerika Serikat agak baru-baru ini. Tokoh-tokoh terkenal suku Apache adalah Geronimo, Cochise dan Mangas Coloradas. Angkatan Darat Amerika Serikat menemukan bahwa mereka adalah suku-suku yang kuat dengan strategi yang handal.
Wanita Apache membawa keranjang, 1902
Persebaran bahasa Apache

Dahulu suku Apache tinggal di Arizona tenggara dan Meksiko barat daya. Kelompok-kelompok utama dalam suku Apache adalah Arivaipa, Chiricahua, Coyotero, Faraone Gileno, Llanero, Mescalero, Mimbreno, Mogollon, Naisha, Tchikun dan Tchishi. Mereka adalah suku-suku yang kuar dan memimpin sejumlah pertempuran, terus bermusuhan dengan kulit putih. Kekalahan pertama untuk suku Apache adalah pada tahun 1886, ketika orang Apache Chiricahua dideportasi ke Florida dan Alabama, dalam tahanan militer. Sekarang suku Apache tinggal sebanyak 11.000 jiwa di Arizona, New Mexico dan Oklahoma. (Dikutip dari Wikipedia.com)

Sekarang, nama Apache kembali terkenal dikalangan pengguna Komputer terutama pengguna LINUX. Apache di dunia komputer adalah sebuah program WEB SERVER yang merupakan software server MULTIPLATFORM, artinya software ini bisa dijalankan di berbagai sistem operasi diantaranya UNIX, BSD, LINUX, MICROSOFT WINDOWS, NOVELL NETWARE, serta banyak Operating System lainnya. Apache ini biasanya banyak digunakan sebagai Web Server untuk Intranet (sistem jaringan komputer pribadi/perusahaan). Protokol yang digunakan sama dengan yang dipakai oleh Internet yaitu HTTP juga yg dipakai untuk melayani fasilitas WWW. Apache memiliki fitur-fitur canggih, seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentikasi berbasis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah interface berbasis grafis (GUI=Graphical User Interface) yang memungkinkan penanganan server menjadi lebih mudah. Apache merupakan software Open Source alias Gratis untuk digunakan. Software ini dikembangkan secara bersama-sama dalam suatu komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang (programmer) software di bawah naungan Apache Software Foundation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...