Sabtu, November 14, 2009

Ripping DVD di Linux Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Ripping DVD adalah proses perekaman atau peng-copy-an Film DVD ke komputer menjadi file Video. Proses ini sangat diperlukan jika kita ingin membuat Backup dari film-film kesayangan kita. Pengalaman saya ketika me-Ripp DVD yang selama ini menggunakan MS Windows, selalu gagal, sampai akhirnya saya menyerah.
Namun semua itu terobati setelah saya menggunakan LINUX distro Ubuntu. Software yang saya pakai namanya “acidrip”, Linux yang saya gunakan adalah versi terakhir saat ini yaitu UBUNTU 9.10 Karmic Koala. Ternyata, Ripping menggunakan acidrip mudah banget, bahkan untuk film2 yang tadinya ga bisa dibuka pake Windows, sekarang bisa dibuka bahkan di Ripping.
Jadi...... film2 saya yang tadinya agak sulit untuk di Ripping, sekarang sudah bisa sehingga saya memiliki cadangan film nya, dengan me-Ripping DVD ini juga memudahkan saya jika ingin memutar film2 kesayangan saya.
Untuk dapat menggunakan “acidrip”, anda harus install software ini, jangan khawatir, ini software gratis..tis..tis....tiss.... Jika anda sudah meng-install LINUX UBUNTU 9.10 Karmic Koala, selanjutnya melalui menu Applicatioons > Ubuntu Software Center anda bisa mendapatkan software ini.
Cari di bagian Sound & Video. Syaratnya.... anda harus dalam keadaan on-line lho....

Berikut langkah-langkahnya (setelah acidrip ter-install) :
1.Masukkan piringan DVD anda ke Drive,
2.Buka acidrip : klik Applications > Sound & Video > AcidRip DVD Ripper,
3.Klik tombol Load (letaknya di kotak kanan atas), muncul daftar file2 film anda (lihat gambar)
4.Pilih semua file dari daftar film anda
5.Beri nama file di kotak Track title
6.Untuk type file sebaiknya pilih avi
7.Pilih Subtitle, jika ada,
8.Klik tombol Start, tunggu hingga proses Ripping selesai.
Setelah proses selesai, anda bisa buka file Ripping nya menggunakan software Video Player kesayangan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...