Jumat, September 07, 2012

Cara Membuat Email di Webmail Yahoo



Langkah-langkah membuat email menggunakan Webmail Yahoo.
1.   Buka alamat web : mail.yahoo.co.id
2.   Muncul tampilan seperti berikut :


3.   Klik tombol Buat Account Baru, muncul tampilan Formulir isian seperti berikut :

4.   Isilah form di atas seperti Contoh berikut ini (sesuaikan dengan data-data anda sendiri) :
Text Box: Untuk password minimal 6 karakter berupa huruf dan angka. Ingat baik-baik password anda!!!


5.   Klik tombol Buat Account Saya, jika tidak ada masalah saat pengisian Formulir pendaftaran, maka akan muncul tampilan seperti berikut :
Line Callout 3: Bagian Info ini yang sebaiknya dicatat pada buku catatan.


      Sebaiknya anda CATAT informasi yang diberikan pada halaman Konfirmasi di atas, supaya anda tidak lupa dengan alamat Email anda sendiri.
6.   Selanjutnya Klik tombol Lanjutkan. Terbuka tampilan Mailbox anda, seperti gambar berikut :


7.   Klik Link Email Masuk untuk melihat email-email yang masuk untuk anda, tampilannya seperti berikut :


Ada 1 email baru untuk anda, jika ingin membukanya klik kolom Judul nya, maka isi dari email akan dibuka seperti gambar berikut :


      Ini adalah isi dari email terbaru untuk anda, yaitu berupa Konfirmasi tentang alamat email anda.
8.   Jika anda ingin kembali ke kotak surat, klik Link Email Masuk.

Membuat/menulis Email :
Untuk menulis surat baru (email baru), caranya adalah :
1.   Klik tombol Tulis Pesan, tampilannya seperti berikut :
Text Box: Isi email (Email Body) di sini.


2.   Ketik alamat email yang dituju di kotak Kepada : , contohnya anda bisa kirim email ke saya, dengan alamat email : hasmi_s@yahoo.com.
      Bagian CC: รจ isi dengan alamat email lain, jika anda ingin mengirimkan ke beberapa alamat, pisahkan 1 alamat email dengan alamat email berikutnya dengan memberi tanda koma (,).
      Bagian Judul : , Diisi dengan perihal isi email anda, misal : Perkenalan.
3.   Ketik isi email di Kotak Body Email (lihat gambar di atas), contoh isi email sebagai berikut :


4.   Selesai ketik email, klik tombol Kirim. Tampilan yang muncul jika pengiriman email anda sukses adalah seperti berikut :


5.   Jika anda ingin menambahkan alamat email yang dituju ke Kontak, anda harus memberi tanda centang pada bagian "Otomatis tambahkan penerima baru ke Kontak".
6.   Klik tombol Selesai, jika ingin kembali ke kotak surat anda.

Menyisipkan File lewat Email yang dikirim.
1.   Buat email baru (Langkah-langkahnya sama seperti di atas),
2.   Klik Tombol Lampiran, klik tombol Lampirkan File, lalu pilih file yang ingin anda lampirkan.


      Sebagai contoh disini file yang dilampirkan adalah "contoh cover buku".
3.   Klik tombol Save. Hasilnya seperti gambar berikut :




Jika anda telah selesai menggunakan Email, anda diwajibkan untuk melakukan Prosedur Sign Out atau keluar dari kotak email anda, terutama jika anda membuka email pada komputer yang dipakai bersama. Hal ini sangat penting, mengingat kotak email anda adalah bagian dari Milik Pribadi anda dan itu sangat rahasia, harus dijaga agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

1 komentar:

Mohon beri komentar yaa...