Senin, September 24, 2012

File Compress


Apa sih yang dimaksud dengan "File Compress" ??? Ini adalah istilah di dunia komputer ketika ada beberapa file yang disatukan ke dalam 1 file serta memperkecil ukuran file-file tersebut. 
Biasanya File Compress dimanfaatkan untuk mengirimkan beberapa file sekaligus melalui Email. Hal ini sangat diperlukan, karena lebih praktis dan lebih cepat terkirimnya dari pada file-file tersebut dipisah-pisah dalam beberapa email.
Untuk melakukan prosedur Compress, anda harus memiliki software Utility yaitu WINRAR. Cara penggunaan nya cukup mudah, setelah WINRAR anda Install di kompie anda, secara otomatis nanti akan ada menu baru di Explorer anda ketika anda menekan tombol kanan mouse (Context Menu) yaitu Add to Archive. Pilih menu ini, maka secara langsung anda akan mendapatkan 1 file yang sudah di compress.
Anda bisa memilih beberapa file sekaligus (untuk memilih beberapa file gunakan tombol Control berikut klik file nya), lalu tekan (klik) tombol kanan mouse lalu pilih Add to Archive.
Begitu juga ketika anda menerima File Compress yang dikirim oleh orang lain kepada anda. Anda bisa membukanya menggunakan WINRAR ini. Cara nya pun sama seperti meng-compress, hanya beda di nama menunya yaitu Extract Here atau Extract Files.
Jadi.... mulai sekarang setelah anda membaca artikel ini, anda tidak perlu khawatir lagi ketika menerima sebuah file lampiran di email anda yg bentuk file nya adalah RAR atau ZIP.
Bagi yang belum memiliki Software Winrar ini...silahkan Download Winrar dari sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...