Jumat, Oktober 31, 2008

Memanfaatkan Gmail sebagai Hard Disk OnLine

Anda tidak ingin kehilangan data-data penting yg ada di komputer anda ?? Ada cara yg cukup praktis serta data andpun dijamin aman tersimpan. Kita bisa memanfaatkan fasilitas penyimpanan email di Google Mail alias GMail. Selama Google masih hidup, data kita pun tetap aman tersimpan di sana, sehingga anda tidak lagi stress krn kehilangan data gara2 terhapus krn tidak disengaja atau krn ulah pasukan virus yg menyebalkan itu. Lalu, berapakah besar kapasitas penampungan yg diberikan oleh Gmail ini kepada kita ??? Jangan khawatir… lumayan koq, kapasitas hard disknya sebesar 7 GygaByte, lumayankan buat file2 .doc atau .xls atau bahkan file2 foto2 penting anda.

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, anda harus meng-install software Gmail_drive terlebih dahulu, selanjutnya anda serasa memiliki hard disk baru dgn kapasitas 7 GB. Drive ini nantinya akan ter-integrasi dengan Windows Explorer.

Selanjutnya langkah2 nya :

1. Download software gmail_drive dari sini (klik disini), kemudian install software ini di komputer anda.

2. Selanjutnya buka Window Explorer anda, perhatikan pada deretan nama drive, terdapat 1 drive tambahan : GMail Drive

3. Klik pada Gmail Drive ini (pastikan komputer anda dalam keadaan tersambung ke Internet), muncul kotak dialog GMail Drive Login (spt terlihat di gbr), isikan Username dan Password anda. Lalu klik OK.

Pastikan username dan password anda sudah sesuai. Jika anda belum punya account di gmail, silahkan buat di sini (klik di sini).

4. Jika Login anda berhasil, Hard Disk baru anda pun siap dipakai.

Cara upload : Gunakan prosedur Copy & Paste seperti biasa atau dengan cara drag&drop (pilih file, klik kiri, tahan, geser ke folder Gmail Drive, lepas).
Otomatis file diupload. Sebaiknya nama file anda menggunakan pen
amaan file pendek (max 8 kar).

Saran saya jika anda ingin upload beberapa file yg memiliki spesifikasi yg sama (contohnya file2 yg berada dlm 1 folder), sebaiknya file2 tersebut disatukan menggunakan Winzip, sehingga memudahkan anda saat meng-upload file2 tsb.Anda juga bisa membuat folder baru di drive gmail ini, caranya yaa… sama spt membuat folder baru yg biasa.

Selain bisa membuat folder, anda juga bisa mengetahui sisa space hard disk gmail anda ini, caranya Klik kanan pd drive gmail, lalu klik Properties. Tampilan nya akan spt gbr berikut

.

Untuk meng-akses file2 yg telah anda upload tadi, bisa langsung dr drive gmail ini atau lewat email, sehingga anda bisa membukanya dimanapun lokasi anda berada, yg penting komputer anda terhubung ke internet.
Tampilan diemail anda akan seperti ini:

Jika anda ingin mengambil file2 yg ada di gmail tsb, silahkan klik salah satunya (sama spt anda membuka email), akan terbuka kotak inbox anda spt berikut :


Selanjutnya klik Link Download.

Jika anda menginginkan kapasitas penyimpanan yg lebih besar, silahkan anda buat beberapa account di gmail.

Semoga bermanfaat. (THX to Mr. Batman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...