Selasa, November 11, 2008

Pemanfaatan orb.com sebagai Komputer OnLine Pribadi

Bagi anda yg sering bepergian untuk tugas, anda sering harus direpotkan dengan membawa data-data maupun file-file yg nantinya akan anda butuhkan di tempat tujuan tugas anda. Meski anda sudah benar-benar mempersiapkan seluruh file data secara detail, namun terkadang masaih ada saja yg tertinggal. Mungkin anda akan bertanya, apakah komputer anda yg di kantor harus dibawa juga yaa.....
Nah ada cara bagus utk mengatasi hal itu, anda seolah-olah membawa komputer yg biasa anda pakai sehari-hari di kantor, anda bisa explore folder-folder hard disk di komp anda tsb tanpa harus repot-repot membawa komputer pc anda tsb. Cara ini juga bagus utk anda yg belum sanggup beli notebook/laptop sendiri, anda cuma dipinjemin laptop dr kantor yg sudah pasti isi data nya adalah file2 data umum yg dipakai bersama, atau anda cuma dibekali sebuah USB Flashdisk saja. Nah, mari kita mencoba kecanggihan teknologi yg satu ini dengan memanfaatkan fasilitas internet yg akhir2 ini sudah lumayan cepat,
Apa yg harus kita persiapkan utk pemanfaatan fasilitas ini ???
Ada sebuah website yg cukup berbaik hati membantu kita. Berbeda dengan Gmail (yg pernah saya tulis sebelum ini), kita diharuskan meng-upload file2 terlebih dahulu, cara berikut ini kita tidak diharuskan meng-upload file apapun, karena ketika kita login di komputer lain dan di lokasi lain, maka secara otomatis seolah-olah komputer kita yg telah dipasangi software ini terlihat online. Bahkan jika komputer anda tsb telah dipasangi Webcam, maka anda bisa melihat org yg sedang menggunakan komputer anda. Cukup canggih kan ???
Website yg telah berbaik hati ini bernama www.orb.com, thanks for people who built this site......
Caranya :
1. Buka website in, klik aja nih link nya www.orb.com, akan terbuka halaman depan nya spt ini :2. Klik link Download, anda harus men-download software nya terlebih dahulu, lumayan gede sih sekitar 14,8 MB,
3. Selesai software ORB di download, install-lah software ini di komputer anda, caranya double klik file orb20SetupEn yg telah anda download tadi (jangan lupa lho... folder tempat anda download tadi), (Ingat!!! anda harus tetap terkoneksi ke internet ketika meng-install software ini).

4. Klik tombol Next,
5. Klik tombol I Agree,
6. Klik tombol Install, tunggu sampai proses copy file selesai,
7. Muncul layar Welcome to Orb. Klik tombol Next>,
8. Di layar Firewall and Anti-Virus, klik Next>,
9. Di tampilan Create your Account, anda diharuskan membuat Account di sini

Klik tombol next jika anda selesai membuat account.
10. Pada tampilan organize your media, klik tombol Next>,
11. Orb akan memeriksa system anda apakah sesuai dengan yg direkomendasikan, jika telah sesuai tampilan berikut adalah :
Jika lampu traffic light nya menyala hijau itu artinya sistem anda OK. Selanjutnya klik Next>
12. Pada tampilan ini :
Anda diminta utk mengkonfigurasikan peralatan on line anda yg berada di tempat lain, jika tidak memilikinya, klik No., lalu Next>,
13. Tampilan berikut
Selamat anda sudah berhasil !!!!
Klik tombol Close.
Perhatikan di System Tray anda (di pojok kanan bawah Windows anda) ada icon ORB. Lihat gambar :
14. Klik kanan di icon ORB itu, lalu klik Configuration
Klik Enable Webcam, jika anda memilikinya. Berikutnya klik Media, anda dapat mengatur folder-folder yg nantinya bisa anda buka melalui internet. Jika anda ingin mengganti Default nya, anda pilih (Klik) folder nya lalu Remove lebih dahulu. Lalu klik tombol Add.
Lihat gambar :
Jika anda ingin menambahkan user lainnya yg diperbolehkan meng-akses file2 anda di komputer ini, silahkan klik Users, lalu klik tombol Add user (user tambahan itu harus sudah punya account di ORB, atau anda bisa meng-Create nya di sini. Lihat gambar :

Klik tombol Add, lalu klik tombol OK.
Anda telah sukses menjadikan komputer anda ON LINE, selama program ORB nya tetap aktif. Silahkan anda mencoba di komputer lain di lokasi lain. Caranya :
1. Masuk ke situs orb.com, lalu klik Login (ada di pojok kanan atas), muncul kotak

2. Ketik login dan password anda, lalu klik Log In. Munculah tampilan berikut :
Selanjutnya..... silahkan anda browsing atau explore semua isi komputer anda yg telah dishare. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...