Jumat, Januari 09, 2009

Hijrah ke Linux Ubuntu 8.10

Belakangan ini saya coba2 utk menggunakan Linux, meski sebenarnya sejak thn 2000 udah coba2 juga, mulai dr Redhat, Suse, terus mencari yg paling mudah meng-install nya dan yg paling penting adalah Linux yg paling cocok buat komputer2 sy yg ada di lab. Berkali-kali sy frustasi ketika meng-install nya, krn sering tdk cocoknya Linux itu dgn spesifikasi hardware komputer sy.
Capek juga sih, tp sy ga kapok2. Terus mengikuti perkembangan Linux lewat internet. Sampai suatu waktu sy diundang utk acara workshop installfest Linux Edubuntu yang diadakan oleh KPLI Jakarta dan NurulFikri. Tp sayang, acara tsb tdk berjalan mulus, ketika sesi install, ada sdkt masalah, sehingga tdk satupun komputer (laptop) peserta yg bisa di install Linux Edubuntu ini. So…kesimpulannya, acara ini boleh dibilang gagal, tapi kami para peserta dihadiahin CD Install Linux Edubuntu tsb, sayapun buru2 kembali ke kantor, krn dah ga sabar nih utk nyobain install di komputer PC (tadinya dah dicoba install di laptop saya, sampai2 Windows yg ada di format ulang). Sampai di ktr, segera sy menyiapkan laptop utk di install Linux. Tapi apa yg terjadi berikutnya, huh….!!! Saya kesal bukan main, udah nunggu lama ketika install, ga tau nya sekitar 80%, tuh proses install terhenti, ga tau nya CD nya cacat. Penasaran, sy mencoba di komputer lain, nunggu lagi sampai sekitar jam 8 malam sy msh berada di kantor. Ternyata kembali gatot alias gagal total lagi…..
Ah….susah banget sih untuk hijrah ke Linux, padahal sy punya niat pengennya nih, semua komputer di kantor ini pakai Linux, tapi koq…malah susah gini yaa…Saya sampai frustasi, udah ah…. Ga mo nyoba lagi
Sampai saya suatu waktu menemukan Linux Ubuntu 7.0 di internet. Saya kembali antusias utk mencoba lagi. Saya coba download tuh Linux, lengkap dengan DVD Repository nya, sampai 5 DVD + 1 CD, durasi download nya ??? 1 minggu…hm…. Untungnya internet Unlimited, kalo ga wah… dah jutaan tuh yg harus sy bayar, memang sih…sebenarnya bisa aja tuh DVD n CD dibeli di KPLI atau lewat On Line di Internet, tapi saya memang ingin mencoba gmn sih download file2 yg gedenya kyk gini….hehehe…
Nah, udah dpt deh file2 image alias ISO nya, sekarang tinggal cobain utk install ke komp.
Wuih….berhasil juga usaha saya utk install Linux ini dan sempurna, saya senang dgn tampilan nya dan seluruh hardware yg ada di komp pun semuanya support, dr mulai suara, vga dll. Linux berjalan sempurna.
Ternyata, enak juga nih pake Linux, meski hasil karya nya Om Bill Gates masih tetap nongkrong di komp yg sama (pakai Dual Boot), saya jadi jatuh cinta sm Linux.
Begitu keluar versi Ubuntu yg terbaru yaitu Ubuntu versi 8.10, sy pun lgs download dan skrg terpasang di komp saya.
Point nya ….. sy ingin meneruskan rencana awal yaitu ingin meng-hijrah-kan semua komp2 yg ada di kantor ini ke Sistem Operasi hebat ini. LINUX UBUNTU 8.10 Intrepid Ibex. Mudah2 an…….Aminn…

1 komentar:

  1. iya nih p santo, saya juga ingin tp pc di rumah blm bisa untuk nyetel MP3 and DVD serta bgmana tuh agar bs seting dgn printer.suparyanto smk 58

    BalasHapus

Mohon beri komentar yaa...