Rabu, April 22, 2009

Manfaat Bookmark di Mozilla Firefox



Untuk anda yang biasa browsing di internet, dan yang belum tau bagaimana meng-optimalkan Firefox anda sehingga anda nyaman ber-browsing ria, disini saya mencoba untuk berbagi pengalaman meng-optimalkan Firefox.
Ketika kita browsing di internet, kita diwajibkan untuk mengetikkan alamat dari web yg ingin dibuka, atau kalau belum tau apa alamatnya, biasanya kita memanfaatkan kemampuan si Mbah Google utk membantu. Nah ketika alamat sudah diketemukan, dan ternyata web yg kita tuju itu adalah sebuah web yg menarik utk selalu dikunjungi, jadi besok2 jika pengen mampir ke web yg sama anda gak perlu nyari lagi. Biasanya, kita langsung memasukkannya ke daftar bookmark. Besok2 kalo pengen mampir lagi, tinggal buka aja daftar bookmark.
Bookmark juga bisa dibuat menjadi sebuah tombol shortcut, yg diletakkan di deretan toolbar (bagian atas Firefox), sehingga jika web itu mo dikunjungi cukup dgn meng-klik shortcut nya, cara memasang bookmark ini yaitu dengan meng-klik tombol kanan mouse di baris toolbar yg masaih kosong, nanti akan muncul menu, pilih New Bookmark, muncul kotak dialog Add Bookmark, pada baris Name ==> ketik Nama dari Website, di baris Location ==> ketik alamat lengkap dari web , contoh : www.mail.yahoo.com. Terakhir Klik OK.
Anda juga bisa membuat Folder dr sekumpulan Bookmark dengan kategori yg sesuai, misalnya utk alamat2 web yg berupa Blog, anda masukkan ke dalam 1 folder yg diberi nama Blog.
Kemudian, jika anda memiliki lebih dr 1 komputer (misalnya komp kantor, laptop dan komp anda yg dirumah) yg ingin anda berikan bookmark yg sama. Hal ini dimungkinkan, anda bisa menyimpan bookmark anda dengan cara :
- Klik menu Bookmark > Organize Bookmark ==> muncul kotak dialog Library.
- Klik menu Import and Backup > Klik Backup
Selanjutnya terbuka kotak Filename, disini anda bisa tentukan Foldernya, biarkan nama file yg standar diberikan oleh Firefox.
- Klik tombol save.
Anda sudah memiliki 1 file yg berisi informasi ttg website2 yg sudah anda masukkan ke bookmark. Copy-paste file ini ke Flash Disk anda lalu bawa pulang supaya bisa digunakan di Firefox anda yg lain.
Untuk dapat memanfaatkan file bookmark ini di Firefox anda yg berada di komp lain, caranya adlah :
- Klik menu Bookmark > Organize Bookmark ==> muncul kotak dialog Library.
- Klik menu Import and Backup > Klik Restore
- Klik Choose file,
Selanjutnya silahkan anda pilih file bookmark yg telah anda copy ke FlashDisk.
Jika muncul peringatan, klik aja tombol OK. Perhatikan, di baris Toolbar anda telah bertambah sederatan bookmark yg sm dgn di komp anda yg lain.
Selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...