Sabtu, September 06, 2008

5 Fingers


Ada yang menarik ketika seorang da'i menyampaikan tausyiahnya pada kesempatan tarawih. Belia menyampaikan tentang ada 5 element penting yg menopang kehidupan ini yang di-analogi-kan dengan 5 jari tangan, mulai dari jempol sampai kelingking.
Dikatakan, ke-lima elemen ini harus saling bersinergi utk dapat menata kehidupan ini menjadi benar dan lurus. Para pembaca bisa memperhatikan gambar di atas, setiap jari mewakilkan sebuah simbol.
Jari jempol disimbolkan sebagai pemimpin, seorang pemimpin haruslah seseorang yg memiliki jiwa kepemimpinan yg "jempolan" dalam segala hal yg positif. Seorang pemimpin harus bisa menjadi komandan bagi anak buahnya, disegani karena kemampuan kepemimpinannya.
Pemimpin haruslah memiliki kemampuan juga dalah hal finansial, meski tidak harus orang kaya namun dia bisa merangkul orang kaya yg disimbolkan dengan jari telunjuk.
Orang kaya, biasanya sering berperilaku buruk untuk itu, dia haruslah ber-sinergi dengan Ulama yg disimbolkan dgn jari tengah, agar kekayaan nya dapat di manfaatkan utk hal2 yg baik.
Pemuda yg disimbolkan dgn jari manis, maknanya : seorangpemuda biasanya memiliki penampilan yg manis, seorang pemuda haruslah memiliki visi-misi yg manis supaya jalan hidupnya pun akan manis.
Nah, yg terakhir : Wanita, disimbolkan dg jari kelingking, kecil2 cabe rawit. Yaa...seorang wanita meskipun sering "dikecilkan", tapi sebenarnya memiliki kekuatan yg sgt besar. Wanita bisa mempengaruhi elemen2 lainnya. Seorang pemimpin segalak apapun dia, tp kalau punya istri yg galak, biasanya si pemimpin pasti akan ciut menghadapi istrinya tsb. Wanita bisa mempengaruhi seorang pemimpin, namun wanita juga bisa bertekuk lutut kpd orang kaya.
Ulama ; sebagai jari tengah, beliau harus balance, tidak berpihak kepada pemimpin atau orng kaya juga tidak terlalu berpihak kpd anak muda dan wanita.
Kelima elemen ini haruslah benar2 bersinergi, bekerja bahu-membahu secara positip. Sehingga menghasilkan kehidupan yg lebih baik. Aminnn...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...