Senin, Juni 09, 2014

Pemanfaatan Google Drive (Cloud Computing)



Di era masa kini, penggunaan Komputer sudah menjadi bagian dari banyak aktifitas kita, tentu semua pekerjaan yang memanfaatkan bantuan komputer sudah pasti menggunakan data pula. Nah...data harus lah tersimpan serta ter-oranisir dengan baik.
Untuk itu dibutuhkan media panyimpanan, diantaranya - yang sudah pasti - setiap Komputer memiliki media penyimpan permanen berupa Hard Disk yang sudah terpasang secara Internal disetiap komputer tersebut. Selain Hard Disk, saat ini sudah banyak media penyimpan alternatif diantaranya USB Flash Disk, Memory Card, Compact Disc dan lain nya.
Metode yang paling mutakhir dewasa ini adalah media penyimpan yang memanfaatan internet, yang disebut Cloud Computing, diberi nama Cloud yang artinya "awan", jadi anda seolah-olah menyimpan data di awan.
Padahal anda sebenarnya "meminjam" komputer orang lain sebagai media penyimpan data anda, istilah lainnya disebut "Hosting". Sistem Cloud Computing tidak hanya menyediakan tempat penampungan data, namun memberikan fasilitas Aplikasi perkantoran, misalnya Paket Aplikasi Microsoft Office yang terintegrasi di satu server, dengan sistem ini, setiap Corporate atau perusahaan atau lembaga-lembaga yang terkoneksi (menyewa) dengan Cloud Computing dapat memanfaatkan fasilitas aplikasi, tanpa harus memasang aplikasi tersebut di komputer mereka masing-masing, hal ini dapat meningkatkan efisiensi belanja software dan lebih terjamin keamanan dari serangan virus yang dapat merusak sistem informasi mereka.
Salah satu bagian yang paling sederhana dari Cloud Computing adalah penyimpanan data, dimana kita bisa menempatkan data-data penting di server yang kita pilih. Dengan memanfaat kan sistem ini, kita tidak lagi direpotkan dengan masalah data, karena data kita aman berada disana. Kita tidak perlu takut kehilangan data, seperti pada banyak kasus, komputer yang digunakan terkena virus, kemudian komputernya harus diinstal ulang, data ikut terhapus, cadangan data yang telah disimpan di media lain misal Flash Disk ternyata ikut terkena virus, akhirnya hilanglah banyak data penting, meskipun ada banyak jasa-jasa pelayanan yang menawarkan untuk mengembalikan data, namun biayanya sangatlah mahal.
Solusinya ??? Coba anda memanfaatkan Google Drive.
Simpan data cadangan atau backup data anda ke sana, dengan biaya Gratis kita mendapatkan kuota tempat penyimpanan sebesar 15GB, lumayan besar ... sama seperti anda memiliki media penyimpan mobile yang tersimpan di internet.
Cara memanfaatkan Google Drive cukup mudah, syaratnya anda harus memiliki Account email di GMAIL, bagi yang belum memiliki silahkan buat Account baru di GMAIL.
Berikut saya coba tuliskan Tutorial penggunaan Google Drive secara detail.
1. Buka browser favorit anda, Mozilla Firefox atau Google Chrome (disarankan menggunakan Google Chrome).
2. Masuk ke Google Drive dengan mengetikkan alamatnya : http://drive.google.com atau Klik di sini,
3. Login menggunakan Account anda, jangan lupa password nya yaaa
4. Terbuka halaman Google Drive seperti berikut ini :
Pertama kali anda membuka Google Drive ada penawaran untuk meng-install Aplikasi Google Drive ini dikomputer anda, saya tidak sarankan, kecuali komputer anda selalu terkoneksi ke internet dengan kuota Unlimited.
5. Klik Link No Thanks. Masuk ke halaman berikut :

6. Klik tombol Buat yang ada dibagian kiri atas :
Di bagian drop down menu yang muncul, terlihat ada beberapa pilihan, yaitu Folder, Dokumen, Presentasi, Spreadsheet (mirip Excel), Formulir, Gambar. Pilih Folder.
7. Terbuka kotak pengisian nama folder seperti gambar :

8. Ketik nama folder nya, seperti contoh diatas, lalu klik tombol Buat.
9. Kembali ke halaman awal dengan tambahan Folder seperti terlihat di gambar :
10. Selanjutnya anda dapat meng-upload file yang ingin anda tempatkan di Google Drive :
11. Buka folder yang tadi telah dibuat dengan meng-klik nama folder yang ada di sisi kiri atas, terbuka isi folder anda yang masih kosong :





Klik tombol yang ada anak panahnya, lalu pilih file yang ingin anda upload. Anda dapat mengupload beberapa File sekaligus, untuk dapat meng-upload 1 Folder secara utuh, anda harus menggunakan Browser Google Chrome.
Selesai....anda boleh Sign Out, file anda sudah sukses anda buat cadangannya di Google Drive.
Selamat mencoba fasilitas Cloud Computing. Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...