Jumat, Januari 22, 2010

ATM Skimmer



Ini berita paling aktual saat ini (22 Jan. 2010), pembobolan rekening-rekening nasabah dari beberapa bank, diantaranya ansabah BCA, Permata dan BNI (yg paling banyak dari Bank BCA). Pembobolan uang dari rekening para nasabah tersebut dilakukan melalui mesin ATM, uang yg diambil diduga menggunakan kartu ATM palsu, caranya dengan menggunakan alat ATM Skimmer, alat ini biasanya ditempelkan di mulut mesin tempat kita memasukkan kartu ATM, bentuk alat ini dibuat sedemikian rupa mirip dengan aslinya.
ATM Skimmer berfungsi sebagai alat yang meng-copy data2 dari ATM anda, lalu data tersebut nantinya bisa disimpan ke memory yang kemudian dicetak oleh pelakunya ke kartu ATM palsu. Setelah data nya sama dengan kartu ATM asli, tinggal mencocokkan dengan nomor PIN dari ATM, nah ... cara yang dipakai yaitu dengan menggunakan Spy Camera (kamera yg sangat kecil), yang dipasang di ruangan mesin ATM. Kamera ini sepintas ga akan terlihat oleh kita, nah.. kamera ini berfungsi utk merekam jari2 anda ketika mengetikkan no PIN.
Kartu ATM sudah dibuat, PIN sudah didapat, selanjutnya langsung melenggang ke ATM terdekat untuk meng-aplikasi kan hasil kerja dengan menguras isi rekening korban. Kasian banget yaa kalo si pemilik rekening cuma nasabah biasa yg menabung memang buat masa depan, buat sekolah anak, buat berobat, kl si nasabah adalah para koruptor yg merajalela sih... biarin aja, tp kl cuma seorang kepala keluarga, yg menabung utk masa depan keluarganya ??? Bayangin aja, punya tabungan di bank sebesar 10 jt, dah ada niat buat DP rumah, ga tau nya .... dibobol semua, cuma disisakan 100 rb perak... waduh!!!! Hancur dah perasaan ini.
Kebali ke mesin ATM Skimmer, gmn yaa caranya mrk bisa memasang peralatan itu tanpa diketahui oleh siapapun? Mungkin... kerjsama dengan para teknisi ??? BUkannya nuduh sih, tp sy kemarin lihat video dari camera yg terpasang di ATM, ada orang yg bisa membuka mesin ATM, tp dy bukan lah petugas bank, mereka berpura2 menjadi petugas bank, setelah ada nasabah yg niatnya menarik uang dr ATM, tp kartu ATM nya malah kesedot, lalu tuh orang berpura2 sbg petugas Bank, dan kemudian dengan leluasa membuka mesin tersebut.
Terus... gimana juga cara mereka ketika memasang spycam di lokasi mesin ATm itu ???
Ada lagi dugaan, bahwa pelaku mencuri data2 tentang rekening nasabah, gimana yaa mrk bisa mendapatkan itu ??? Apakah dengan dibantu oleh orang dalam ??? Kalo ga dibantu, hebat bener tuh hacker.... salut........

2 komentar:

  1. yaaa.....
    jangan sampai kejadian deh.....
    duitku tinggal segitu gitunyaaa...:)

    Orang jahat kok sekarang pinter2 yaaa?

    BalasHapus
  2. Berarti daku musti hati hati ya he..he...thanks info nya

    BalasHapus

Mohon beri komentar yaa...