Selasa, Januari 19, 2010

Norton Ghost

Nama nih software emang rada aneh, Norton Ghost alias Norton Hantu, namun ga ada hubungannya sedikit juga dengan hantu2an yg saat ini melanda negeri kita. Ini adalah software yg biasa saya pakai untuk mengembalikan Sistem Operasi MS Windows saya ke titik terakhir kondisi terbaiknya.

Yg namanya Microsoft Windows nih, kalo dah kelamaan dipakai, pasti deh lelet, salah satu penyebabnya yaa.. apalagi kalo bukan penumpukan pada file2 sistem nya, contohnya pada file registry yg setiap hari pasti akan ada penambahan content, trus file2 yg ada di folder Windows seperti di folder prefetch, lom lagi setting2 lain di setiap aplikasi. Nah, kalo ini terjadi, sudah bisa dipastikan Windows jd lelet, efeknya kita kesel krn komputer jd lemot, yg disalahin : Wah pasti nih komputer kena virus, padahal belum tentu demikian.

Biasanya, bagi yg ngerti meng-install Windows, langsung deh install ulang. Cuma..... tau sendiri deh yg namanya install ulang butuh waktu lama, lom lagi hrs install aplikasi2 kesayangan, mana g ada daftar nya, akhirnya, bnyk yg tercecer, apalgi kalo tuh kompie bukan milik sendiri, tp yg dipakai rame2 di ktr, wah bakal bnyk yg ngomel tuh.

Untuk mengantisipasi supaya ga harus install ulang, saya menggunakan nih software Norton Ghost, software ini berfungsi untuk mem-backup system, bahkan 1 partisi dari Windows. Jadi kalo ada terjadi masalah pada system, saya cukup me-restore ulang partisi Windows (biasanya pada partisi C:).

Proses yg saya lakukan adalah :

1. Install Windows dengan membuat 2 partisi pada hard disk,

2. Install aplikasi-aplikasi lain yg diperlukan

3. Jalankan semua aplikasi, secara berurutan, tujuannya utk melakukan pengaturan atau setting pada masing2 aplikasi, misalnya Firefox dengan bookmark2 nya (saya pernah membahas ttg bookmark di Firefox sebelumnya di blog ini),

4. Install juga Norton Ghost

5. Jika semua setting sudah anda lakukan, serta anda merasa komputer sudah dlm kondisi Fit banget, lakukan proses BackUp Drive

6. BackUp seluruh partisi pada drive C: (partisi Windows), file backup ini harus ditempatkan pada folder khusus dan di partisi lain (D:), simpan dan jaga baik2 file ini, jika anda memiliki Hard Disk External, sebaiknya copy kan ke sana.

Sekarang Windows anda sudah aman, silahkan ber-komputer ria, jgn khawatir kena Virus, kalau itu sampai terjadi juga, anda bisa me-restore ulang partisi anda yg tadinya sudah dibuat BackUp nya.

Bahkan jika Windows anda ga mau Start, semua ga masalah jika anda sudah membuat BackUp nya, karena anda bisa mengoperasikan komputer tanpa harus melalui Windows. Boot komputer anda menggunakan CD Norton Ghost yg memang Bootable, lalu lakukan Restore Partition. Beres deh... komputer anda kembali segar seperti semula baru di install ulang, proses ini cuma butuh waktu paling lama 1/2 jam.

So..... untuk apa repot2 buang waktu meng-Install ulang komputer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...