Jumat, Januari 08, 2010

Netbook

Apa sih Netbook itu ???
Istilah ini sering banget terdengar, baik dari iklan, di tv, radio ataupun Banner, Billboard dan lain-lain. Mungkin masih banyak diantara kita yg belum ngerti apa sih netbook itu.
Sebenarnya Netbook sama juga dengan Notebook atau Laptop biasa bahkan sama juga dengan PC Desktop (Komputer yang tempatnya di meja, lucu juga kalo dibawa2... kegedean n keberatan dong).
Trus apa sih bedanya Netbook dengan Notebook atau Laptop ??
Istilah Netbook diberikan sesuai dengan tujuan penggunaan dari komputer portable ini. komputer ini memang ditujukan untuk aktifitas mobile computing (maksudnya : buat orang2 yg biasa main2 komputer diluaran), jika menggunakan Laptop atau Notebook, masih terlalu besar dan tidak ringan, solusinya yaa Netbook ini, alat ini sengaja dibuat lebih ringan dan lebih kecil. Konsekwensinya...yaa peralatan didalamnya juga harus dikecil kan kali yaa??
Jadi, prosesor yang dipakai pun harus hemat energi, kecepatannya pun harus dikorbankan, prosesor yg dipakai di Netbook dari jenis atau type Intel Atom, prosesor ini memang hemat energi namun sebaiknya tidak digunakan untuk aplikasi2 yg berat spt pengolah gambar atau video.
Netbook nyaman digunakan untuk software2 enteng, spt buat mengetik atau presentasi pake PowerPoint, dan yang paling utama buat browsing internet. Daripada browsing pake HP atau BB yg layarnya kecil banget, kan mending pake Netbook yg ga terlalu berat2 amat bodynya.
Emang sih, pake Netbook bisa juga buat ngedit foto, tapi yg sederhana aja yaa... jgn yg resolusinya gede, bisa seharian nunggu loading tuh file foto. Kalo buat nge-game, juga bisa koq, game-game sejenis Zumma bolehlah.... jangan coba-coba mainin game kayak Need For Speed gitu... bisa 2 hari nunggu loadingnya dah itu pasti di-reject..hihihi...
Nah ... bagi anda yg pengen tetap bisa OnLine terus, dari pada sakit mata ngeliatin layar HP atau BB yg imut itu, mending pake Netbook, biasanya Netbook lebih hemat baterai, dalam kondisi Full, anda bisa nge-net smp 4 jam atau lebih seperti Netbook Samsung yg akan diluncurkan di awal 2010 ini : (Dikutip dari BLOG Hikmah Teknologi)

Samsung semakin serius masuk ke pasar netbook dan notebook. Tentu saja ini adalah hal bagus bagi masyarakat. Tahun 2010, konglomerat produk teknologi canggih ini langsung menggebrak dengan jajaran 4 produk baru. Keempat netbook baru ini menggunakan prosesor Intel terbaru untuk netbook dan gadget kecil lain yaitu Pine Trail Atom N450. Rencananya keempat produk baru yang diberi nama Samsung N210, N220, N150 dan NB30 akan segera meluncur di "Januari 2010". Sebentar lagi. Berikut spesifikasinya, namun belum ada bocoran harga sedikitpun saat berita ini ditulis. Namun pernyataan Samasung dalam press release yang saya baca menyatakan mereka akan mengutamakan "quality over quantity". Saya terjemahkan sebagai harga akan relatif lebih mahal dibanding merek lain. Jadi ini semacam positioning Samsung di pasar netbook.



Berikut spesifikasi seperti ditulis di netbooked.net.

Samsung N210 / N220

  • Intel Atom N450 Processor
  • 10.1” 1024 x 600 display “anti-reflective”
  • 12 hours of battery life
  • Crystal pattern design
  • Instant On Phoenix HyperSpace OS
  • Samsung N150
Intel Atom N450 Processor

  • 10.1” 1024 x 600 display “anti-reflective”
  • 8.5 hours of battery life
  • Integrated hinge w/ smooth movement
  • Samsung NB30
Intel Atom N450 Processor
  • 10.1” 1024 x 600 display “anti-reflective”
  • 11 hours of battery life
  • HDD free-fall sensor
  • Water-tight seal to prevent water damage (as long as you remove 50cc of water within 10s)
Tuh kan.... baterainya bisa tahan smp 10 jam...

1 komentar:

  1. terus kl facebook itu lebih besar dari notebook atau lebih kecil dr netbook ya pak??kekekke piss ya pak santo

    BalasHapus

Mohon beri komentar yaa...