Selasa, Maret 01, 2016

Memanfaatkan Gadget secara Positip.

Gadget alias perangkat portabel yang saat ini sangat digandrungi oleh banyak orang, namun kebanyakan hanya digunakan untuk bermain game, terutama anak-anak. Padahal...begitu banyak aplikasi-aplikasi yang dapat berguna sebagai alat bantu di pekerjaan maupun di pendidikan.
Gadget malah sering menjadi sumber kekesalan seorang ayah maupun ibu terhadap anaknya, bahkan bagi seorang suami terhadap istrinya maupun sebaliknya. Pada umumnya, selain digunakan untuk bermain game, kebanyakan gadget hanya digunakan sebagai sarana chatting lewat media sosial, sebagai sarana pamer diri dengan selfie nya, ngobrol ngalor ngidul yang tidak jelas peruntukkannya.
Coba saja kita mau memotivasi diri sendiri untuk memanfaatkan Gadget secara lebih positip, tentunya Gadget tidak lagi menjadi perangkat sumber bencana.
Saya coba mengambil satu contoh, jika seorang guru mau memanfaatkan sistem pebelajaran E-Learning, melakukan Kegiatan Belajar Mengajar secara OnLine dengan memanfaatkan jaringan Intrnet - yang Notabene saat ini hampir semua peserta didik memiliki sambungan Internet - maka para siswa sekolah dapat dipastikan akan sibuk menggunakan Gadget nya untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya melalui Internet. Sehingga ketika seorang anak memainkan Gadget nya, para orangtua tidak perlu khawatir lagi sehingga tidak lagi menimbulkan kekesalan.
Seorang anak akan membuka Gadgetnya untuk keperluan belajar, karena tidak banyak kesempatan mereka untuk bermain Game atau Chatting dengan sesama teman-teman mereka.
Anak-anak juga bisa memanfaatkan Gadget untuk mencari sumber pengetahuan dan ini akan sangat berguna dari pada penggunaan hanya untuk chatting atau bermain Game.
Contoh implementasinya yaitu dengan menggunakan media sosial Edmodo, dimana seorang guru menggunakan Edmodo sebagai media pemberian materi belajar untuk siswanya, kemudian siswa bisa membaca atau melihat atau mendengar materi yang telah disusun secara multimedia tersebut.
Termasuk juga tugas-tugas pun dapat diberikan oleh guru melalui Edmodo ini. Bahkan Test atau Ulangan secara OnLine pun bisa diberikan, siswa dapat langsungs mengerjakan serta mendapatkan nilainya secara langsung.
Nah.... Sekarang apakah kita masih mau tenggelam dalam lautan teknologi yang begitu luas ini dikarenakan kondisi kita yang tidak mampu merenangi samudera nya.
Jangan sampai kita terjajah oleh teknologi yang telah membuat kita terlena ini.
Mari belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...