Sabtu, Maret 26, 2016

Membuat Charger HP untuk Sepeda Motor

Kali ini saya mencoba untuk berbagi tentang pembuatan Charger HP untuk dipasang di sepeda motor.
Saat ini Gadget sudah menjadi barang yang hampir wajib dimiliki oleh kita, dengan semakin murahnya harga Gadget ini, menjadikannya bukan lagi sebagai barang mewah.
Gadget yang berupa Smartphone ini sangat boros pemakaian baterai nya, apalagi jika digunakan untuk koneksi ke Internet, seperti untuk penggunaan Chating atau update media sosial.
Terutama juga bagi mereka yang suka touring naik motor atau para pengemudi transportasi OnLine, sangat membutuhkan Charger yang juga selalu siap.
Memang sih....sekarang udah ada Power Bank yang bisa mengisi ulang baterai HP kita, namun jika kita sedang touring keluar kota, dan Power Bank juga kehabisan daya, maka perangkat Charger harus kita siapkan.
Pembuatan Charger HP untuk motor ini sangatlah sederhana, namun sangat Powerful, dan kita gak perlu khawatir jika tegangan dihasilkan tidak stabil, karena kita sudah memasng komponen stabilizer yang pasti selalu mengamankan ke-stabilan tegangan yang keluar menuju perangkat kita.
Ok.... kita langsung aja ke langkah pembuatannya, yang pertama perlu disiapkan adalah "NIAT!!!"...hehehe... karena kalo ga ada niat...apapun gak akan berhasil kita lakukan.
Siapkan komponen-komponen yaitu :
1. IC LM 7805
2. Kapasitor (ELCO) 470 uF/16 V atau yang 25V juga boleh.
3. Dioda 3A
4. Resistor 220 ohm
5. LED
6. Saklar On / OFF
7. Tempat Sekring berikut Sekringnya (1 A)
8. Konektor USB Female
6. Kabel Merah - Hitam
7. Jepitan Mulut Buaya
8. Kotak plastik kecil
Rangkailah komponen-komponen tadi sesuai Skema berikut :
Untuk merangkai komponen-komponen tersebut, tidak memerlukan PCB, langsung disambung pada kaki-kakinya, namun harus dipastikan keamanan sambungan jangan sampai terjadi hubung singkat. Khusus untuk IC LM 7805, berikan keping pendingin atau Heatsink agar tidak terlalu panas.
Perhatikan gambar-gambar berikut :
Komponen tersusun di dalam kotak.

Hubungkan kabel Merah ke positif Aki, dan hitam ke negatif Aki.

Siap untuk dipasang ke Motor.

Modal untuk membuat Charger ini diperkirakan sekitar 15 s/d 20 ribu perak aja koq.
Selamat mencoba, semoga berhasil.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...