Rabu, Maret 02, 2016

Wedang Uwuh

Tulisan ini merupakan kutipan dari beberapa sumber, serta pengalaman pribadi.
Wedang Uwuh ..... kalau diterjemahkan secara harfiah berarti Wedang = Minuman serta Uwuh = Sampah, jadi artinya Minuman Sampah...hahaha... yaa karena isi kandungan dari minuman ini seperti sekumpulan sampah daun-daunan.
Wedang Uwuh adalah minuman Khas masyarakat Yogyakarta, berasal dari daerah Imogiri, Yogyakarta,konon merupakan sajian minuman untuk para raja-raja disana.
Wedang uwuh nikmat disajikan panas atau hangat yang memiliki rasa manis dan pedas karena bahannya yang mengandung rempah-rempah.
Penyajiannya harus panas, dengan menuang air mendidih kedalam gelas yang telah dimasukkan bahan-bahan Wedang Uwuh ini dengan warna merah cerah dan aroma harum, rasa pedas karena ada jahenya, sedangkan warna merah karena adanya serutan kulit kayu pohon secang.
Khasiat utama dari Wedang Uwuh ini adalah dapat menghilangkan masuk angin, cape-cape serta pegal-pegal dan yang paling utama yaitu menghangatkan badan.
Adapun bahan-bahan dari Wedang Uwuh ini adalah :
* Jahe
* Daun serta Ranting Cengkeh
* Kulit kayu secang yang diserut
* Kayu manis
* Gula Batu
Cara menghidangkan Wedang Uwuh ini juga cukup mudah, dengan mencampurkan kesemua bahan tersebut ke dalam gelas, lalu disiram dengan air yang baru mendidih. Nantinya air akan berubah warna menjadi merah namun bening.
1 kantong ini bisa untuk 2 gelas
Rasanya manis-manis pedas, karena adanya campuran gula batu dengan jahe dan cengkeh.
Saat ini, sudah banyak Wedang Uwuh yang dikemas ke dalam bentuk bubuk instan, namun rasanya agak berbeda.
Jika para pembaca ingin mencoba Wedang Uwuh Asli, namun belum punya kesempatan untuk pergi ke Yogyakarta, penulis bisa membantu anda untuk mendapatkannya. Tidak perlu jauh-jauh datang ke Yogyakarta.
Penulis menyediakan Wedang Uwuh asli yang langsung didatangkan dari Imogiri.
Harganya cukup terjangkau...cuma Rp. 3.000,- per bungkus plus ongkir (seperti yang terlihat pada gambar), bisa untuk 2 gelas ukuran 200 ml.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...