Selasa, Maret 01, 2016

Sistem Pembelajaran Secara OnLine

Dewasa ini Tren Teknologi Informasi semakin canggih dan sangat populer dikalangan masyarakat. Setiap dari kita sudah terbiasa menggunakan perangkat canggih seperti Tablet, Smartphone serta penggunaan komputer maupun Laptop.
Pemanfaatan Teknologi ini sangat positip jika diaplikasikan kedunia pendidikan. Melakukan Proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) melalui media OnLine memang sudah seharusnya disikapi serta dilaksanakan, tidak hanya dipelajari namun tidak diaplikasikan.
Proses KBM menggunakan Media OnLine sangatlah menarik, ini dapat memotivasi para peserta didik untuk lebih giat mengikuti pelajaran.
Pemberian materi secara OnLine akan lebih menarik minat peserta didik, sebab mereka tidak hanya membaca dari Buku Paket, namun bisa melihat secara Multimedia melalui perangkat Gadget mereka.
Peserta didik dapat mengikuti pelajaran tanpa harus duduk diruang kelas (penerapan metode Flip Classroom), dapat dipastikan hal ini lebih menarik.
Bagi para pendidik atau Guru penggunaan sistem belajar secara OnLine malah lebih memudahkan dalam pemberian materi belajar, pada awalnya memang dibutuhkan ketekunan untuk menyusun materi, namun di tahun-tahun selanjutnya, guru hanya tinggal mengembangkan materi yang pernah dibuat termasuk juga Ujian-ujian atau Ulangan-ulangan OnLine (Kuis Interaktif secara OnLine)
Banyak media Aplikasi yang dapat dipakai sebagai media pembelajaran OnLine, diantaranya salah satu Learning Social Networking Edmodo : http://www.edmodo.com , yang begitu populer dengan komunitas guru-guru dari seluruh dunia.
Edmodo menyediakan fasilitas yang cukup lengkap diantaranya :
* Pemberian Materi secara OnLine
* Assignment (Penugasan)
* Test OnLine
* Library OnLine (fasilitas ini menarik, kita diberi tempat penyimpanan secara online)
* Pooling
* Komunikasi kepada para peserta didik.
* dan lain-lain
Untuk lebih jelasnya, anda bisa Download Paparan saya tentang Edmodo ini disini. (Klik disini untuk download file bentuk RAR - Password nya : hsusanto.blogspot.com).
Mari para guru untuk mengembangkan diri sendiri dengan lebih banyak belajar, mengikuti tren teknologi yang semakin maju dan terus berkembang sangat pesat ini. Jangan sampai tertinggal kereta untuk maju, tidak ada lagi guru "Gaptek" alias Gagap Teknologi. Jangan sampai kalah dengan siswa sendiri.
Untuk itu ... mari kita belajar, saya siap untuk memberikan pelatihan kepada teman-teman Guru se-Indonesia. Terutama pelatihan Edmodo serta aplikasi pendukungnya diantaranya :
      * Pembuatan Ebook
      * Pembuatan materi belajar secara multimedia
      * Simulasi Digital.
Mari kita tingkatkan bersama kemampuan serta ilmu mendidik kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...