Rabu, Agustus 27, 2008

Guru (yang di "Gugu" dan di "Tiru")

Seorang guru adalah pendidik, pribadi yg memposisikan dirinya sebagai seseorang yg memberikan pendidikan, sesuai dgn judul di atas guru itu akan menjadi panutan bagi murid2nya. Tapi, yg terjadi di Jember, tepatnya di SDN Bangsalsari II, 52 murid telah dianiaya oleh gurunya hanya krn masalah lembar jawaban ulangan. Kekerasan yg dilakukan oleh oknum guru yg berinisial TNR ini telah mencoreng nama baik para pahlawan tanpa tanda jasa, kekerasan yg dilakukan akan menjadi panutan bagi murid2 di sana.

Kenapa sih kekerasan selalu dijadikan sbg alasan utk mendidik ?? Itu yg dinyatakan oleh TNR ketika di demo oleh para ortu murid, dia merasa apa yg dilakukan itu adalah benar. Memangnya anak2 itu sama dgn hewan yg harus dipukul dulu baru mau mengikuti kemauan majikannya ??? Kasihan banget saya melihat murid2 yg mengalami trauma, mereka begitu takut terhadap TNR, guru yg selalu memukul murid dengan menggunakan benda2 keras.

Yang lebih mengenaskan, tuh guru pake acara ga mo mengakui kalo apa yg dilakukannya itu adalah salah. Apa krn dia dibela oleh kepala sekolah nya???? Kenapa dia sampai dibela oleh Kepsek nya ??? Apa ada sesuatu yg membuat dia mendapatkan support dari Kepsek???

Di sekolah SD anak saya juga ada guru yg spt itu, hanya tuh guru ga pernah melakukan kekerasan. Tapi dia tidak menjalankan tugas dgn baik, selalu keluar ketika mengajar, murid2 selalu ditelantarkan, pokoknya ga mau tau dgn murid2nya. Tapi, sayangnya dia ga pernah mendapatkan teguran dari kepsek. Alasan ibu Kepsek, dia kan dah mau pensiun jadi biarin aja deh, tinggal bbrp tahun lagi. Menurut saya sih itu bukan alasan yaa...

Sudah semestinya lah pemerintah yg berkompeten di bidang pendidikan utk lebih memperhatikan dan memberi tindakan tegas utk oknum2 guru spt itu. Jangan diberi hati, sebab akibat yg muncul bukan sekarang, efeknya akan muncul nanti di masa depan anak2 bangsa. Jangan sampe ada lagi anak2 yg terbentuk menjadi pribadi2 spt Ryan sang penjagal dari Jombang itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...