Kamis, Agustus 14, 2008

Merokok : Halal atau Haram



Akhir2 ini, setelah Majelis Ulama Indonesia akan mengeluarkan Fatwa yg menyatakan Haram utk merokok, muncul kontroversial. Bagi para perokok, Fatwa itu akan menjadi kontra untuk mereka, sedangkan bagi non-perokok, Fatwa ini justru mendapatkan dukungan.
Dibalik semua itu, ada hal2 yg akan bersinggungan dengan Fatwa tsb, spt misalnya para pekerja di bidang usaha rokok. Para pekerja pabrik rokok sampai ke manajemennya akan merasa terancam kelangsungan ekonominya. Kalau boleh saya berpendapat, sebatas pengetahuan saya bahwa merokok itu makruh bagi umat Muslim, jadi bukanlah haram (?). Jika Fatwa MUI diterbitkan yg menyatakan bahwa merokok adalah haram, lalu bagaimana bentuk Fatwa ini apakah tidak bertentangan dgn Hukum Islam yg telah menyatakan merokok itu makruh. Saya bukanlah menjadi pribadi yg pro atau kontra dan saya juga bukanlah perokok meski dulunya pecandu rokok tapi Alhamdullillah sudah sejak tahun 1992 sudah berhenti total atas kemauan saya sendiri, saya hanya coba memberi masukan saja. Lalu ada wacana yg mengatakan lebih baik fatwa haram diberikan khusus utk anak2 dibawah umur saja, rasanya hal ini sangatlah aneh yaa…. Koq Haram – Halal bisa dikotak2kan, nanti org2 bisa berpikir, gmn kalo makan daging babi diharamkan hanya utk org tertentu saja ???? Kayaknya ga banget deh yaa….Mungkin lebih baik pemerintah lebih gencar membuat propaganda bahwa merokok itu sangat lah berbahaya, sangat merusak kesehatan, selebaran2 ttg bahaya merokok agar lebih banyak dipasang di tempat2 umu, bukan Cuma di rumah sakait, Puskesmas atau Sekolah2 saja. Spt yg pernah sy lihat sebuah poster ttg banyak racun pada rokok dari mulai zat bahan pembuat cat sampai asap knalpot bis yg warnanya hitam itu. Tapi sayang poster itu terpampang hanya di puskesmas saja, coba itu dibuat sebesar Billboard iklan, atau pada display2 Giant Screen (tapi justru yg buat display itu adalah produsen rokok yaa…hehehhe…ironis, spt juga banyaknya produsen rokok yg menjadi sponsor utama event olahraga). Mungkin org2 yg ingin merokok akan sedikit bergidik melihat Bilboard yg isi nya menampilkan zat2 beracun yg terkandung di sebatang rokok. Ditampilkan juga bahaya yg lebih hebat yg dialami oleh org yg tidak merokok tp berada di lingkungan perokok. Semuanya kembali terserah pribadi masing2……..

1 komentar:

  1. Rokok...sebenarnya tanpa larangan siapa pun kalau kita sadar akan bahayanya akan menjauhinya... Btw, Thanks dah mampir di blogku....

    BalasHapus

Mohon beri komentar yaa...