Rabu, Agustus 13, 2008

Pecah Ban



Ketika sebuah ban mobil mengalami pecah ban, sudah dapat dipastikan kita akan panik apalagi kalau pecah ban disaat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Mobil tak terkendali dan bisa berakibat kecelakaan yg fatal.

Coba bayangkan….gmn kalo pecah ban dialami oleh sebuah pesawat terbang ???? Ini benar2 True Story, dan terjadi 2 kali dalam 1 minggu di bandara yg sama, di Makassar. Pada saat sebuah pesawat terbang melakukan pendaratan, dalam keadaaan kecepatan yg tinggi, tiba2 ban pecah, duh…..ga kebayang deh… gmn perasaan para penumpang nya. Kejadian ban pecah yg terakhir terjadi kemarin (Selasa, 12/8/08) di bandara Hasanudin, Makassar, pesawat Batavia Air dengan No. penerbangan P7662 mengalami pecah ban saat mendarat di bandara tersebut. Syukur-nya ga ada korban jiwa pada kejadian tsb, ga kebayang deh kalo tuh pesawat sampai oleng trus..terhempas dan terbakar.

Kenapa kejadian itu bisa terjadi ??? Apakah itu juga terjadi akibat Human Error ??? Siapa yg harus disalahkan ?? Apakah para teknisi pesawat yg kurang teliti atau memang sengaja tidak teliti karena ada tekanan dari pihak manajemen yg tetap mengharuskan pesawat utk terbang meskipun banyak errornya ? Nah…kalau itu memang terjadi…ga perlu lah harus kebakaran jenggot ketika tuh pesawat mengalami kecelakaan lalu terungkap penyebab kecelakaannya, spt pada peristiwa tersebarnya rekaman percakapan di cockpit pesawat Adam Air. Pihak2 yg tersangkut heboh spt org kebakaran jenggot, membantah kebenaran rekaman tersebut (untungnya "pakar telematika kita " ga dilibatkan). Padahal ngapain juga harus membantah, toh kejadian nya dah lewat dan memang berakibat buruk, dan tuh maskapai sudah ditutup alias ga boleh terbang lagi alias sayapnya dah patah, jadi ngapain mesti takut utk mengakui kesalahan.

Kembali ke peristiwa pecah ban, sy sbg orang awam agak sedikit heran yaa koq bisa pecah tuh ban pesawat. Apa mungkin ban nya di vulkanisir yaa….. trus kembang2 di permukaannya diukir ulang secara Hand Made......hmmm…..seperti ban pada truk2 AKAP (Antar Kota Antar Propinsi). Divulkanisir biar ngirit, ga perlu beli ban baru.

Ga tau deh….(Kalo ada yg tau…kasi info saya yaaa….).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon beri komentar yaa...